Opini

By MyDailyFo - April 11, 2018

Seandainya Dulu Aku Tidak Tergesa-gesa



Bagaimana kabar kalian?
Aku harap kabar kalian baik-baik saja.
Alhamdulillah sekarang juga kabarku dan sekeluarga baik-baik saja

Entah kenapa lagi malas bahas tentang drama atau per-korea-an, jadinya ingin tulis segmen 'Opini' saja hari ini.

Siang ini sebelum memulai aktifitas kerja seperti biasa, tiba-tiba termenung masa lalu dulu ketika masih sekolah
Melihat kondisi anak-anak sekolah di sekelilingku, yang usianya juga terpaut sangat jauh dariku. Aku tiba-tiba ingat diriku di usia itu.

Dulu sewaktu masih mengenyam bangku SD, SMP dan SMA, entah kenapa aku merasa tertekan. Mungkin karena aku harus patuh aturan, berusaha mencapai target nilai sebagus-bagusnya dan hanya terfokus di pelajaran sekolah saja. Dulu sewaktu SMP-SMA aku selalu berkata dalam hati "Haduh ini kapan lulusnya, pengin cepet lulus. Biar  gak ketemu pelajaran-pelajaran ini lagi". Belum sampai disitu saja, sewaktu kuliah pun aku masih mengatakan hal yang sama dalam hati.

Tapi sekarang di usiaku sekarang, di rutinitasku yang sekarang. Aku ingin kembali ke masa itu. 
Masa dimana masih minta uang jajan ke orang tua. 
Masa dimana masih jalan-jalan bareng teman-teman sebaya.
Masa dimana dimarahin orang tua karena harus mengerjakan PR dan tidur tepat waktu.
Dimana kita bisa senakal-nakalnya dan jadi diri kita sendiri.

Di usiaku yang sekarang dan di kehidupanku yang sekarang, aku merasa menyesal kenapa harus melewatkan masa-masa itu begitu cepat dan tergesa. Padahal melewati itu semua dengan dinikmati akan menimbulkan kesan luar biasa. Istilahnya kenangan yang berarti lah ya.

Dan jujur, kenanganku tentang masa itu hanya sedikit saja yang teringat berarti. Sisanya aku hanya mengingat masa-masa tertekan. Sekolah itu berat. Sekolah itu menyusahkan dan hal-hal buruk lainnya.

Aku merasa anak yang sekolah atau diberi kesempatan untuk bisa sekolah/mengenyam pendidikan setinggi-tingginya di jaman sekarang yang sudah secanggih ini sangatlah beruntung. Bagaimana tidak?
Mereka sudah terkoneksi dengan apapun begitu mudah. Apapun passion yang mereka punya mungkin bisa terfasilitasi dengan mudah karena adanya program sana-sini. Sayangnya, kenapa dulu aku tidak memanfaatkan itu semua ya?

Buat kalian, siapapun kalian, yang mungkin masih SD, SMP, SMA atau yang mengenyam bangku kuliah dan kalian merasa tertekan, kalian merasa harus berusaha dengan waktu yang lama atau merasa ingin cepat-cepat beranjak dari waktu kalian yang sekarang, sebaiknya kalian jangan begitu. Benar deh, nikmati saja alurnya. Nikmati dan cintai apa yang sudah kalian pilih dan sudah kalian jalani. 

Tidak ada salahnya kok kalian menempuh waktu yang lama untuk sekolah atau berorganisasi sekali pun, karena semua itu akan terbayar seusai kalian lulus nanti. Kalian bakalan jadi pribadi yang mumpuni dan siapapun entah perusahaan atau perseorangan pasti akan melihat kalian adalah orang yang spesial karena pengalaman yang kalian ambil.

Misal terbersit di pikiran kalian "kok usia segini masih aja kuliah? masih aja dikasih saku orang tua? masih aja belum kerja bisa bahagiain orang tua?", jangan pernah menyerah hanya karena pikiran nggak maju itu. 
Coba aja dibalik "Ah usia segini masih kuliah, itu wajar ketimbang nanti aku lulus apa adanya dan jadi lulusan yang gak ada guna? Haduh duitku abis, gak bisa minta orang tua, kerja freelance ah cari info" atau "ada ide usaha apa yak? bantuin projek teman ah buat dapat pengalaman lebih buat bangun usaha sendiri". Itu yang harusnya kalian pikirkan. Bersyukurlah kalian yang masih mengenyam pendidikan tinggi-tinggi, karena itu lah modal kalian yang nantinya akan bawa kalian ke dunia yang pastinya sukses pula.

Jangan jadi seperti aku yang tergesa menjalani hari, jadinya tidak ada kenangan yang harus diingat.
Jangan jadi seperti aku yang membenci kehidupan sendiri tanpa alasan,
Jangan jadi aku yang masih belum bisa jadi diri sendiri hanya karena pilihanku sendiri.

Tidak ada salahnya kalian berusaha keras dan mencoba dengan waktu yang lama.
Ingat lho, tidak ada hasil yang membohongi usaha
Hasil dan usaha itu berjalan selaras, kalau usaha kalian keras ya pasti hasil akhirnya akan maksimal juga.

Jangan tergesa-gesa dan gusar hanya kalian tidak suka dengan jalan yang kalian pilih, justru baliklah keadaan itu
Suka dan cintai apa yang sudah kalian pilih,
Ibaratnya sudah terlanjur tercebur, satu-satunya cara menyelamatkan diri adalah mencari daratan untuk tinggal bukan malah berdiam dan tenggelam. Iya kan?

Jangan jadi pribadi yang tergesa-gesa, nikmati saja alurnya, kalian nantinya juga akan menemukan jawaban sendiri alasan kenapa Allah memilihkan dan meridhoi segala jalan hidup yang kita tempuh. Cuman kalian sabar atau tidak, terus memutuskan untuk bertahan atau tidak, tetap ingin bertahan atau tidak.

Selamat siang dan menjalani aktifitas seperti biasa :-D

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar